Selasa, 24 Januari 2017

ALIH

Yeay...
Buat kalian yang memutuskan merantau ke Jakarta dan berniat cari kosan. Pilihlah kosan yang senyaman mungkin. Kalau ada yang mau ngajak ngontrak, hm... Nih.. pikir baik-baik deh.

Total pindah-pindah di Jakarta itu empat kali.
Yang pertama sih karena pindah kamar. Tapi di kosan yang masih sama. Kenapa pindah dari kamar sebelumnya? Karena ngga nyaman sama tetangga yang hobinya teriak-teriak dan pelihara ayam, terus buang dahak depan kamar.
Kalau fasilitas kosannya sih oke banget.
Coba bayangkan... 500rb dapet kipas, tv, kasur, dan lemari, dan listrik bebas. Ya kamar mandi luar dong. Terus ada dapur bersama.
Tiga bulan nangis-nangis mau pindah aja.
Untung bapak kosannya, Pak Edi baik banget. Akhirnya dapet kamar kosong yang lain dan aku langsung pindah.

Beli ranjang (jangan tanya sama siapa. Itu masa lalu), kan strategi biar barangnya ngga berantakan ya taro kolong. Trs ada tempat cucian piring tersendiri gt. Seneng deh. Dua bulan kemudian karena ada tikus masuk dan matahari menyengat. Bapak kosan yang baik hati ngasih tirai gitu buat jendela plus kitchen set yang oke banget.
1,5 tahun di Jakarta Timur dan itu menyenangkan. Walaupun kamar sempit. Cuma bisa buat jalan lurus tapi itu menyenangkan. Dan hemat.

Sayang tempat kerjapun harus berpindah dari timur ke barat. Kosan di baratpun ngga ada yang murah dan selengkap kosan sebelumnya. Akhirnya karena terdesak, ambilah kosan harga satu juta kurang seratus ribu. Berasa banget jatah tabungan berkurang.

Tetiba ada temen punya ide buat ngontrak bareng. Psstt... Padahal semua orang udah memperingatkan. Kalau masih single mending ngekos aja. Kalau lu udah married baru ngontrak.
Karena mendesak dan setelah diitung dan diitung akhirnya okelah ngontrak bertiga.
Dan dari kosan yang cuma tiga bulan di belakang Siloam, pindah lagi ke daerah Serengseng. Hm... Pengeluaran gila-gilaan sih waktu itu.
Nyesel banget beli lemari, ternyata ada yang lebih murah, bentuk sama.

Awalanya segalanya berjalan baik. Hingga tiba suatu problema muncul ke permukaan satu per satu (ini kalo diceritain bisa kayak kuliah empat sks)
Bubarlah kontrakan itu. Cuma bertahan empat bulan.
Dan akhirnya harus cari lagi.
Eh ada yang menarik dari kepindahan ini.
Pertama munculnya konflik, rusaknya hubungan, dan kejadian-kejadian ajaib.

Karena udah terlanjur ngontrak, punya lemari, akhirnya pusinglah pala victoria.
Harus cari kosan murah dan agak lega.
Eh tunggu, apa sih kejadian ajaibnya.
Mamaku yang super itu tetiba bilang mau ke Jakarta buat bantu-bantu. Padahal aku bilang ngga usah. Aku usahain sendiri. Tetiba karena aku baru balik dari kantor jam 4 pagi di hari Sabtu. Mama bilang nanti di tlp ya jam 05:30 buat pesen gojek.
Aku ketiduran dong. Dan jam 08:30 mamaku yang super itu tlp kalau sudah di Blora. Amazing!
Mama sih nanya "superman" kamu kok ngga bantuin? (Nah.. ini kalau diceritain sama kayak bikin proposal skripsi)

Eits banyak hal ajaib, tetiba temen-temen cowokku langsung ngehubungin "hen, perlu bala bantuan ngga?"
Berhubung sungkan dan tau diri (maksudnya sih beberesnya tengtopan males banget kan kalo ada lakik), ya wes aku bilang udah ada si wonder women ku... Mamaku.. hehehe

Kami (aku dan mama) akhirnya berpindah. Empat kali beralih. Ke kamar yang tidak layak. Seperti gudang, banyak debu, teteran kayu, dan geser-geser lemari yang super gede, sampai akhirnya layak ditempatin.
Dan seperti ada yang menyadarkanku. Jika kamu kehilangan sosok "superman" kamu akan dibantu oleh "wonder women", dan beberapa orang yang menawarkan diri menjadi "avanger".
Nah.. artinya kamu ngga perlu ngerasa sendiri. Jangan kecewa lama-lama. Karena itu bakal percuma.

Ya walaupun, jauh di lubuk hati, pinginnya dia datang membantu tanpa instruksi seperti "superman".
Tapi ya sudah. Hidup kan bukan komik.
Dia juga bukan superman, kalian manusia biasa yang sama-sama diutus Semesta untuk mewarnai kehidupan ini.

Hm.. besok-besok aku ceritain ya di kosan yang baru dan hmm.... Actually kangen kosan di Timur. Walaupun harganya ngga beda jauh.

Good night reader ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow my Twitter @_heniie